h1

Akuisisi yang membunuh

Juli 30, 2012

Akhir-akhir ini kita sering mendengar beberapa perusahaan raksasa membeli peruhahaan lain, pembelian tersebut dikenal sebagai istilah akuisisi yang mengakibatkan perubahan kendali pada perusahaan yang diambil-alih.

Tujuan perbuatan tersebut hanyalah untuk membuat perusahaan lebih besar dan meraup keuntungan lebih besar juga, akan tetapi juga digunakan untuk mengurangi persaingan, dengan membeli perusahaan pesaing dan kemudian membunuhnya.

Tindakan tersebut bertujuan untuk mencapai pangsa pasar dan kekuatan pasar yang besar. Tujuannya sudah melanggar peraturan perundang-undangan, yaitu mengurangi pesaing dengan membeli pesaing yang kemudian dinonaktifkan kegiatan usahanya. Di Indonesia sendiri telah memiliki Undang-Undang yang digunakan untuk menjaga persaingan di Indonesia, yaitu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Laranga Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Pasal 28 Ayat (2) melaran akuisisi yang dapat mengakibatkan monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat, akan tetapi laranga tersebut tidak ada gunanya sebab pelaku usaha yang akan melakukan akuisisi diwajibkan melakukan pemberitahuan 30 hari setelah akuisisi terjadi.

Akuisisi seperti ini banyak dilakukan pelaku usaha raksaksa, seperti yang dilakukan oleh Google saat mengakuisisi Meebo, dengan kendali yang beralih ke Google, maka google mengnon-aktifkan segala kegiatan meebo termasuk fungsi chat yang dimiliki meebo. Google melebur meebo masuk kedalam Google+, hal tersebut untuk mengurangi persaingan antara situs jejaring sosial dan situs dengan fungsi chat.

Kemudian yang dilakukan oleh Yahoo! terhadap situs jejaring sosial berbasis tempat yang dikembangkan oleh Koprol. Awalnya yahoo membatasi pengguna koprol untuk signin menggunakan Yahoo! Id hal tersebut membuat koprol tidak berkembang dan hanya mendapatkan tambahan user yang sedikit, ketika Yahoo! kolaps dan merugi, pertama yang dilakukan Yahoo! yaitu dengan menon-aktifkan Koprol, dengan merumahkan karyawan yang mengembangkan koprol. Pada akhirnya merek Koprol dikembalikan pada founder, akan tetapi mereka tidak dapat lagi mengfungsikan Koprol sebagai situs jejaring sosial, kemungkinan hal tersebut untuk mengurangi persaingan, karena Yahoo! Juga memiliki fungsi yang sama bila menggunakan Yahoo! Id.

Saat ini yang sedang gencar dikabarkan media ialah akuisisi AirAsia terhadap Batavia Air, apakah AirAsia akan mengnon-aktifkan Batavia Air kita tunggu saja, sebab Air Asia mengincar jalur penerbangan yang dimiliki Batavia Air. (APS) Powered by
Arie Prawira Sholeh

2 komentar

  1. Have a good day yah …


  2. yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: