h1

Gebrakan Facebook Setelah Akuisisi Instagram

April 20, 2012

Setelah heboh dengan pembelian instagram oleg Facebook beberapa pekan lalu, gebrakan apa yang akan dilakukan oleh facebook dengan teknologi instagram itu, terdengar dan sudah ditampilkan oleh Facebook itu, dengan tampilan profil yang menggunakan Timeline foto profilnya lebih besar, selain itu facebook juga mengeluarkan feature foto hires. Akan tetapi fasilitas foto hires tersebut tidak dapat langsung dirasakan oleh pengguna facebook, yup karena fasilitas tersebut baru dapat dinikmati dengan browser Chrome dan firefox yang terkini.

Instagram merupakan aplikasi yang diperkenalkan di smartphone terutama awalnya di iPhone dan iPad atau di smartphone yang menggunakan operation system iOS, akan tetapi apple sebagai produsen iPhone dan iPad tidak mengikat kontrak agar Burbn, Inc atau Instagram, Inc untuk tidak menjual aplikasinya kepada operation system lain, sehingga pengembang instagram merasa perlu mengembangkan sayapnya dengan dapat digunakan oleh operations sistem Android yang dikembangkan oleh Google. Dengan begitu instagram dapat digunakan oleh siapapun tanpa harus menggunakan operation sistem iOS dengan membeli produk Apple, Inc. Walau ada kekecewaan dari pengguna iPhone dan iPad karena kekhususan yang ditawarkan Apple menjadi hilang, sehingga terjadi persaingan terbuka dengan smartphone berbasis Android. Hal itu merupakan tindakan bisnis yang luar biasa, bila dibandingkan dengan smartphone yang memiliki keunggulan dibisa messenger seperti Blackberry Messenger, aplikasi tersebut sebenarnya merupakan senjata bagi BlackeBerry agar penggunanya tetap menggunakan smartphone BlackBerry, akan tetapi langkah BlackBerry memonopili aplikasinya sangat salah, lihat saja perkembangan smartphone BlackBerry yang diam ditempat, padahal smartphone berbasis Android sudah berkembang pesat dengan harga smartphone yang lebih murah.

Kesalahan tersebut berakibat fatal bagi BlackBerry, sehingga pada akhir tahun ini memaksa BlackBerry untuk menginjinkan aplikasi BlackBerry Messenger digunakan di operation system Android, seperti ini salah satu upaya BlackBerry mencegah kebangkrutannya. Kesalahan serupa juga dilakukan Yahoo! ketika mengambil alih Koprol yang mengakibatkan sepinya peminat terhadap koprol seperti yang pernah saya tulis kemarin.

Saat ini yang sedang heboh dan menarik perhatian orang, ketika Facebook secara mengejutkan mengambilalih Instagram, kemungkinan ada upaya Facebook untuk menjadi social network website yang terbesar dan tanpa pesaing, hal ini terindikasi ketika Facebook sangat gusar ketika Google meluncurkan social network terbaru yaitu Google+, kemungkina tujuan Facebook mengambil alih Instagran juga atas dasar kegurasan tersebut, yaitu takut terhadap pesaingnya. Instagram juga merupakan situs jejaring sosial yang mengutamakan sharing foto diantara penggunanya yang semakin hari penggunanya semakin banyak, hal itu juga kemungkinan membuat gusar Facebook sehingga akhirnya Instagram diakuisisi. Disisi lain kemunculan fotoprofil yang besar di Facebook menyerupai Google+ yang terlebih dahulu sudah menampilkan fotoprofil yang lebih besar, selain itu Google+ juga mampu menampilkan foto hires terlebih dahulu, jadi saat ini facebook sangat ingin mengejar ketertinggalan, agar tetap menjadi situs jejaring sosial yang besar.

Dengan diakuisisinya Intagram oleh Facebook mudah-mudahan saja kebijakan baru tidak membuat instagram semakin terpuruk dan menimbulkan berier bagi pihak lain.(*)

4 komentar

  1. ya benar sekali gan,, mudah mudahan saja,,


  2. Bersama Gorengan dan camilan ane nobatkan agan ini sebagai Penulis.. Heheheh.. Mau?? Mau??😛


  3. Inilah Ane yang mau ikut berpartisipasi nongkrong, ngunjungin setia dan berkomentar.. Hehehehe..😛


  4. Waahh,, seru juga nih ternyata baca artikel sambil rokok_an n ngopi.. Ahihihihi..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: