h1

Hanya Memberi Dan Tidak Harap Kembali

Desember 25, 2010

Frasa “hanya memberi tidak harap kembali” maknanya besar sekali. Biasanya kalau orang-orang bilang hanya dengan satu kata yaitu “Iklas”, tapi sama apa tidak ya frasa yang di atas dengan kata tersebut.

Hanya memberi tidak harap kembali, frasa ini ada dua kegiatan yaitu kegiatan memberi dan harapan untuk diberi, disini harus ada prestasi yang dilakukan terlebih dahulu yaitu prestasi untuk memberikan sesuatu. Sesuatu itu bisa apa saja, contohnya bisa uang, barang, atau jasa. Dalam hubungan antara individu bila ada prestasi yang diberi pasti ada prestasi yang diterima, contohnya jual beli, perbuatan tersebut ada prestasi penyerahan barang ke pembeli kemudian ada prestasi pembayaran kepada penjual, hal ini disebut adanya imbal balik. Nah, dalam pengertian frasa ini hanya mengharapkan untuk memberikan sesuatu, sedangkan imbalannya tidaklah diharapkan atau apabila ada imbalan maka imbalan tersebut diterima bila tidak ada imbalan pun tidak apa-apa. Imbalan tersebut yang diterima tidak ada batasannya, setara atau tidak dengan prestasi memberi tadi.

Sedangkan konsep dari kata iklas berbeda dengan frasa tersebut diatas. Perbedaannya terletak dari tindakannya yaitu tidak terpatas pada tindakan yang timbal balik saja, tindakan sepihak pun dapat belaku kata iklas, yaitu pekerjaan dilakukan dengan kehendak hati dan tidak ada paksaan baik tindakan itu dilakukan karena ada imbalan atau tindakan yang dilakukan tanpa ada imbalan. Akan tetapi tetap berharap mendapatkan ridho dan rahmat dari Yang Maha Kuasa.

Jadi konsep “hanya memberi tidak harap kembali” terdapat pada kegiatan shodaqoh, sedangkan iklas ada disetiap kegiatan.

Dalam kegiatan usaha bisnis hal yang harus diingat adalah kedua hal tersebut, pertama “hanya memberi tidak harap kembali” kedua dilakukan dengan “iklas”, pasti bisnisnya sesuai dengan ketentuan.

Posted with WordPress for BlackBerry.

4 komentar

  1. wah,,, di gali dengan dalam ke dua istilah tersebut,,, hehe… asal jangan udah ga ikhlas… ngarep lagi… hehehe… http://ahnku.wordpress.com/


    • Betul yang penting tetep iklas…


  2. pemaknaan yang menarik.
    saya akan menerapkannya.


    • sip benar harus diterapkan



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: