h1

Membuat Cairan Pencuci Tangan Sendiri

Oktober 20, 2009

Membuat Cairan Pencuci Tangan Sendiri
1215055p.jpg

Shutter Stock
Bila tak bisa mencuci tangan dengan air dan sabun, bersihkan tangan dengan cairan antiseptik.

Selasa, 20/10/2009 | 12:16 WIB

KOMPAS.com – Musim hujan sudah tiba. Saat pergantian musim seperti ini, biasanya kita mudah terserang penyakit seperti flu. Karena itu, penting bagi kita untuk lebih menjaga kesehatan tubuh. Antara lain dengan makan makanan yang bergizi, cukup istirahat, dan berolahraga. Satu hal lagi, biasakan mencuci tangan sesudah bersentuhan dengan benda-benda yang ada di ruang publik.

Bila Anda sedang tak berada di dekat tempat mencuci tangan, Anda bisa membersihkan tangan dengan cairan antiseptik sebelum makan. Selain bisa membeli cairan antiseptik ini di supermarket atau di apotek, Anda juga bisa lho membuatnya sendiri. Cairan antiseptik, atau sanitizer, ini bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Anda hanya perlu gel (isi) lidah buaya dan alkohol.

Cara membuatnya mudah saja: campurkan alkohol dan gel lidah buaya. Jika Anda termasuk orang yang takut atau sensitif dengan kuman, Anda bisa menambahkan minyak tea tree (yang merupakan antiseptik alami) ke dalam campuran tersebut. Tuang 5 tetes tea tree oil ke dalam setengah cangkir sanitizer yang Anda buat. Tambahkan juga minyak lavender untuk mengatasi bau yang terlalu mirip obat. Masukkan campuran bahan-bahan itu ke dalam botol kecil, sehingga mudah Anda bawa kemana saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: